Saung Balong go Wisuda Akbar 8

Peserta bersiap mengikuti test hapalan

Tahun ini adalah tahun kedelapan PPPA Daarul Qur’an menggelar Wisuda Akbar Penghafal Alquran. Program ini lahir dari semangat piminan PPPA Darul Qur’an  Ustaz Yusuf Mansur mengajak umat Islam Indonesia dan dunia menghafal Alquran. Hal itu dengan harapan, umat Muslim semakin mencintai Alquran, menempatkannya selalu di dalam hati dan menjadikannya pedoman kehidupan.

Pada 2017 ini, perayaan Wisuda Akbar  diperluas  lokasi pelaksanaan yang sebelumnya hanya dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. “Wisuda Akbar ke-8  dilangsungkan di 17 kabupaten/kota, 12 provinsi di Indonesia dan 14 negara dari tiga benua. Acara ini diperkirakan akan dihadiri sebanyak 95.888 orang baik dari Indonesia maupun dunia,” kata Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi As Shidiq.

Peserta dari saung balong (sal kuning) sedang test hapalan

Di Indonesia, Wisuda Akbar ke-8 digelar serentak hari ini, Ahad (22/10) di Jakarta, Bandung, Cirebon, Bogor, Sukabumi, Kebumen, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Probolinggo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung dan Bali.

Kehadiran pendiri sekaligus Dewan Pembina Yayasan Daarul Qur’an Yusuf Mansur di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, hari ini (22/10)  khusus menemani Syeikh Abdul Rahman Al Ausy, seorang imam sekaligus pakar Alquran dari Timur Tengah dan para delegasi negara-negara lainnya. Sebelumnya, Syeikh Al Ausy telah tiba di Jakarta pada (11/10) dan melakukan serangkaian lawatan dakwah di beberapa daerah dalam rangka menyambut Wisuda Akbar Penghafal Alquran ke-8.

Sementara 14 negara yang dimaksud, selain Indonesia,  adalah  Amerika Serikat, Jerman, Turki, Gaza, Mesir, Suriah, Lebanon, Jordania, Sudan, Bangladesh, Taiwan, Hongkong dan Korea Selatan. Semula ditargetkan perayaan Wisuda Akbar dapat dilangsungkan di 17 negara menggandeng Afrika Selatan, Jordania dan Syiria, namun belum dapat dilakukan tahun ini. “Kami berharap tahun depan tiga negara tersebut akan terlaksana ditambah negara-negara lainnya, sehingga Wisuda Akbar menggema di seluruh dunia,” tuturnya.

Tidak ketinggalan Ponpes Saung Balong Al Barokah terus mengikuti kegiatan Wisuda Akbar dari Wisuda Akbar 1 sampai ke-8. Ponpes Saung Balong Al Barokah di bawah pimpinan Drs.H.Khoeruman telah berdiri sejak 2005, dan telah menghadirkan banyak alumni baik yang konsen di penghapal Al Quran maupun di wirausahanya.

test peserta terbaik di Saung Balong

Pada Wisuda Akbar tahun ini Ponpes Saung Balong Al Barokah Majalengka mengirimkan 180 peserta yang akan ikut di test hapalannya di Masjid Istiqlal Jakarta. Untuk menjaring peserta terbaik dari seluruh pendaftar yang akan ikut, Ponpes Saung Balong mengadakan seleksi peserta yang memenuhi kriteria untuk di bawa ke Istiqlal, karena jumlah kuota yang di sediakan oleh Ponpes Saung Balong Al Barokah hanya 3 Bus Pariwisata, “kata Ketua Pelaksana Test, Surya darma Batubara pada saat kegiatan test berlangsung.